Anemometer / Pengukur Arah dan Kecepatan Angin

Mengenal Anemometer dan Fungsinya

Apa itu anemometer? Anemometer merupakan alat atau instrumen yang berfungsi untuk mengukur arah serta kecepatan angin. Satuan meteorologi yang dipergunakan untuk mengukur kecepatan angin adalah Knots (Skala Beaufort), sedangkan untuk arah angin digunakan 0o – 360o. Alat ukur anemometer tersebut di dalam penggunaannya harus ditempatkan pada posisi terbuka supaya bisa berinteraksi dengan angin yang akan diukur tersebut.

Bagaimana cara kerja dari alat ukur anemometer tersebut? Pada saat tertiup oleh angin maka baling-baling atau mangkok yang terdapat pada anemometer tersebut akan bergerak sesuai dengan arah angin.

Makin besar kekuatan / kecepatan angin meniup mangkok-mangkok tersebut, maka akan semakin cepat pula kecepatan berputar dari piringan mangkok-mangkok tersebut. Dari jumlah putaran tersebut dalam per detik maka akan dapat diketahui jumlah dari kecepatan anginnya.

Di dalam peralatan anemometer, terdapat bagian alat pencacah yang akan berfungsi menghitung jumlah kecepatan angin. Hasil yang diperoleh oleh alat pencacah akan dicatat, selanjutnya akan dicocokkan dengan Skala Beaufort c.

Anemometer terdiri atas beberapa jenis, diantaranya adalah anemometer dengan tiga atau empat mangkuk dan anemometer termal. Untuk anemomemeter tiga atau empat mangkuk tersebut, jumlah sensornya terdiri dari tiga atau pun empat mangkok yang dipasang pada posisi jari-jari yang berpusat pada sebuah sumbu vertikal atau pun semua mangkok yang ada terpasang pada poros vertikal. Sementara untuk anemometer termal, sensor dipergunakan untuk menghitung jumlah kecepatan dari fluida (angin) sesaat.

Cara kerja dari sensor tersebut berdasarkan atas jumlah panas yang hilang dengan cara konvektif dari sensor ke arah lingkungan sekeliling dari sensor.

Peralatan anemometer tetap memerlukan proses kalibrasi, bahkan kalibrasi dilakukan secara periodik untuk menjaga nilai akurasi atau ketepatan nilai pada proses pengukuran. Anemometer dibutuhkan untuk bidang meteorologi, pengamatan terhadap iklim-iklim, cuaca dan sebagainya. Peralatan yang satu ini dari sistem pembacaannya termasuk ke dalam peralatan non recording, yakni alat yang digunakan karena pembacaannya hanya dibutuhkan pada saat-saat tertentu untuk mengetahui berbagai kondisi dan perubahan cuaca.