pH Meter / Alat Pengukur Tingkat Keasaman

Mengenal pH Meter :: Alat Ukur pH (Potensi Hidrogen)

Apa itu pH meter? Sebelum membahas itu, ada baiknya kita mengetahui sedikit pengertian mengenai pH itu sendiri.

pH merupakan potensi hidrogen atau bisa dikatakan sebagai tingkat keasaman atau kebasaan suatu zat. Semakin banyak kandungan hidrogen suatu senyawa, maka akan semakin asam senyawa tersebut.

Sementara pH meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur derajat tingkat keasaman atau juga kebasaan (alkali) yang terkandung dalam suatu zat. Skala pH yang diukur oleh alat ukur pH meter dimulai dari nol hingga 14.

Prinsip pengukuran pH pada suatu zat berdasarkan pada persamaan yang lazim digunakan di bidang kimia, yakni: pH = – log [H+].

Suatu senyawa dikatakan asam apabila jumlah ion H+ lebih besar dari ion OH- demikian juga sebaliknya, dikatakan basa jika jumlah OH- lebih besar dari jumlah H+

pH meter merupakan salah satu jenis alat ukur pH yang paling akurat. Terdapat jenis alat penentu pH lainnya seperti kertas lakmus dan indikator universal.

pH meter diakui sebagai alat paling akurat karena mampu memberikan data pembacaan angka di belakang koma. Berbeda dengan kertas lakmus atau indikator universal yang hanya bisa menentukan keasaman dan kebasaan serta nilai pH yang bulat saja. Sistem pengukuran menggunakan pH meter memiliki tiga jenis bagian utama yakni elektroda pengukuran pH, alat pengukur impedansi tinggi serta elektroda referensi.

Bagaimana pH meter tersebut mampu bekerja? Prinsip pengukuran menggunakan pH meter didasarkan pada potensial sel elektro kimia yang terjadi antara sejumlah larutan yang berada di dalam elektroda gelas dengan larutan yang ada di bagian luarnya yang tidak diketahui.

Hal ini disebabkan oleh lapisan tipis dari gelembung kaca tersebut akan mengalami interaksi dengan ion hidrogen yang ukurannya kecil dan juga aktif.

pH meter banyak digunakan di laboratorium-laboratorium. Penggunaan di lapangan terkadang cukup merepotkan, karena itu lebih dipilih alat ukur pH untuk jenis lakmus atau indikator universal.
Bila Anda ingin mendapatkan jumlah pH suatu zat secara lebih akurat dan tepat, sebaiknya menggunakan alat ukur pH meter.