Non Destructive Test, Ultrasonic Test & Flaw Detector

NON DESTRUCTIVE TEST (NDT)

Non Destructive Test (NDT) adalah metode pengujian yang digunakan untuk mengevaluasi suatu material atau hasil las tanpa merusak fungsi dari benda uji tersebut

Dari materi yang telah didapatkan, diketahui beberapa jenis NDT antara lain: Ultrasonic Test (UT), Radiography, Penetrant Test, Magnethic Particle Test. Berikut salah satu pembahasan dari jenis NDT yaitu Ultrasonic Test (UT).

ULTRASONIC TEST (UT)

Sistem deteksi yang digunakan dalam Ultrasonic Test adalah Getaran dengan frekuensi tinggi. Ultrasonic Test dapat menentukan kedalaman, letak dan besarnya cacat. Di dalam pengujian Ultrasonic Test di butuhkan juga perlengkapan lainnya seperti probe sebagai sumber getaran untuk mendeteksi cacat bahan. Kemudian dibutuhkan pula Couplant yaitu Liquid untuk Pelapis antara probe dengan benda uji .

Prinsip kerja dari Ultrasonic Test adalah dengan menembakkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi sekitar 0.25 sampai 10 Mhz pada material melalui jalur yang bisa diprediksi. Gelombang suara yang ditembakkan akan merambat melalui material dan akan dipantulkan apabila mengenai sisi lain material atau cacat yang ada di dalam material.

Pantulan yang terjadi merupakan pantulan acak, bergantung pada bidang yang dikenai. Apabila gelombang suara mengenai bidang yang tegak lurus dengan arah datang gelombang, maka gelombang tersebut akan dipantulkan kembali ke sumber gelombang. Jarak cacat atau bidang tersebut diprediksi melalui waktu yang dibutuhkan mulai dari gelombang tersebut dikirimkan hingga diterima kembali.

Jenis-jenis UT adalah sebagai berikut :

  • UT Wall Thickness (W.T.) digunakan untuk mengetahui ketebalan material yang diuji. Pada UT jenis ini data yang ditampilkan pada alat merupakan data digital berupa angka ketebalan dari metari yang diuji.
  • UT Flaw Detector (F.D.) adalah instrumen untuk pengujian bahan yang digunakan untuk mendeteksi cacat yang ada di dalam material uji. Jenis cacat yang bisa dideteksi oleh UT ini antara lain adalah crack, incomplete fusion, incomplete penetration (kecuali yang dekat dengan permukaan material), slag, dan porosity. Data yang ditampilkan oleh alat UT F.D. berupa pulsa.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.